Home » , » Konflik Horizontal NU & Syiah

Konflik Horizontal NU & Syiah


Jember (18/01/13), Mencuatnya kembali konflik yang mengatasnamakan organisasi keagamaan, nahdlatul ulama, yang menghakimi kelompok minoritas Syiah, sebetulnya bukanlah konflik yang mendasarkan atas nama keduanya, konflik tersebut bermula dari suatu kepentingan antar tokoh, yang kebetulan tokoh tersebut dianggap sebagai orang syiah dan memiliki ajaran syiah, sehingga pada spanduk yang terpampang dijalan, seorang tokoh tersebut dihujat bahwa ajarannya sesat dan menyesatkan.

Konflik yang mengatasnamakan keduanya tersebut, terjadi di kecamatan Puger, kabupaten Jember, yang kronologi persoalannya sebagai berikut:

Konflik personal ini sudah cukup lama terjadi, dimana seorang tokoh yang bernama Habib Ali Umar Al-Habsy merupakan seorang ulama dan tokoh panutan kaum nahdiyin didaerah Puger, disamping itu pula Habib ali, (begitu panggilan akrabnya), sudah cukup lama menjadi pengasuh pondok pesantren Darus Sholihin, sehingga banyak masyarakat yang seringkalimberkonsultasi berbagai persoalan terhadap sang Habib. Menurut penuturan dari salah satu masyarakat, (yang diminta untuk disembunyikan identitasnya), suatu ketika ada seorang perempuan X yang datang pada kediaman sang Habib, ia pun banyak berkonsultasi dengan sang habib, bahkan dengan vulgarnya, perempuan tersebut bercerita mengenai kehamilannya dengan seorang tokoh yang bernama Ustadz fauzi, dari situlah bagai api dalam sekam, yang pada akhirnya persoalan tersebut meledak dengan mengatasnamakan keduanya. Problem tersebut pada akhirnya tidak jauh berbeda dengan konflik disampang, dengan menunggangi ormas yang bernama NU dan Syiah, karena dua nama tersebut sudah melekat pada masing-masing personal yang bersiteru.

Pertemuan tadi malam yang dilakukan oleh sekelompok yang mengatasnamakan kelompok listas LSM itu, memusyawarahkan problem tersebut, guna mencari solusi terbaik atas penghakiman sepihak terhadap ustadz Ali Umar Al-Habsy, penghakiman sepihak yang dimaksud, mulai dari penyebaran fitnah, proses pengusiran ustad Habib Ali Umar Al-Habsy yang ditandatangani sejumlah tokoh seperti MUI, bahkan ironisnya MUI Jember sudah mengeluarkan fatwa yang memutuskan Bahwa Habib Ali Umar Al-Habsy dan memiliki ajaran sesat dan menyesatkan, karena Habib dianggap mengikuti faham Syiah. Pada kesempatan tadi malam itu dihadiri oleh staf Ahli PBNU bagian dari kepemudaan Habib Ali Assegaff, menanggapi reaksi positif atas perteuan antar LSM tersebut. Habib Ali Assegaff Menyatakan “ Suatu kedholiman haruslah diperangi, apapun bentuk alasannya, apalagi seorang tokoh seperti Habib Muhdar yang menyampaikan diatas Mimbar pada acara maulid Nabi, yang memprovokasi secara langsung, bahwa ajaran dari Habib Ali Umar Al-Habsy sudah sesat dan menyesatkan, sementara itu problem tersebut masih belum bisa dijelaskan secara koprehensif dan bersifat konsultatif atas pernyataan tersebut.

Pada pertemuan tadi malam di Rumah Gus Syef (Panggilan Akrabnya), dihadiri sebanyak 16 orang yang terdiri dari para ketua LSM di Jember, mulai dari LSM Elpamas, Picket Nol,  dan sejumlah LSM lain yang ikut berpartisipasi atas konflik horizontal yang terjadi dikecamatan Puger tersebut. Pertemuan itu akhirnya mengkerucut untuk melakukan hearing dengan anggota Ketua DPRD berserta staf-stafnya, yang akan dilaksanakan di gedung dewan pada senin, (212/01/13), dengan beberapa pernyataan yang akan menjadi tunututan dari LSM tersebut. Pertama: Para tokoh LSM akan mengklarifikasi mengenai surat pernyataan pengusiran Ustad Habib Ali Umar Al Habsy, yang sudah ditandatanganii sejumlah tokoh, seperti polres Jember, MUI, yang faktanya sudah menyebar diberbagai media. Kedua: LSM Menuntut fatwa MUI, yang memutuskan bahwa ajaran  Habib Ali Umar Al-Habsy sesat dan meyesatkan.

Dengan demikian pada esensinya problem tersebut bukanlah persoalan ideologis, tetapi hal itu adalah persoalan antar kepentingan yang kemudian dibungkus dengan mengatasnamakan organisasi kemasyarakatan.

Berita yang sama : http://www.docstoc.com/docs/142061856/Konflik-NU-and-Syiah



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Faisal Akhmad | Mas Template
Copyright © 2011. JavaNews - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger